Senin, 26 Maret 2018

Jenang Gempol Spesial dan Enak


Jenang Gempol Spesial dan Enak. Kudapan tradisional ini berasal dari Pulau Jawa. Rasanya yang manis ditambah dengan gurih dari gempol dan santannya, membuat makanan ini banyak digemari oleh masyarakat.

Jenang gempol ini membuatnya juga gampang. Dan bahan-bahannya pun mudah di dapat. Bahkan biasanya, sehari-harinya ada di dapur kita.

Cara Membuatnya :

I. Bikin Gempolnya :
Rendam 1 gelas beras dengan 1 gelas air semalaman. Kemudian blender tapi tidak usah terlalu halus. Masukkan ke dalam panci, tambahkan daun pandan dan garam,. Masak dengan api kecil dan terus diaduk-aduk sampai mengental. Masukkan 2 sdm kelapa parut yang muda, aduk lagi. Matikan apinya, bentuk bulat-bulatlalu dikukus kurang lebih 15 menit.

II. Bikin Jenangnya :
Masak 1 1/2 gelas air dengan gula merah 100 gram dan daun pandan. ssetelah mendidih saring, kemudian masukkan tepung beras 250 gram dan garam sedikit. Masak dengan api kecil, sampai plup..plup. Angkat , taruh di dalam wadah.

III. Kuah Santannya :
Kelapa parut yang putih  1/2 kg, siram air mendidih. Tunggu sebentar sampai hangat kuku, baru diperas. Terus , masak lagi sebentar, jangan sampai mendidih atau pecah santan


IV. Sajikan. Siapkan mangkok, ambil jenang, tambahkan beberapa gempolnya, siram dengan kuah santannya.

Selamat mencoba....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

authorLearn More →

>" Saya Elyza Arief..... Bagi saya , dunia kuliner bukan hanya untuk memuaskan hobi suka masak dan doyan makan saja. Berada di ranah kuliner membuat saya ingin selalu kreatif & inovatif . Sehingga memasak bukan hanya sekedar kewajiban sebagai seorang ibu rumah tangga saja. Lebih dari itu, memasak merupakan aktivitas yang sangat mengasyikkan serta menyenangkan

Tags